Bukan rahasia umum lagi jika orang atau pekerja yang memiliki etos
kerja yang tinggi dan baik akan memiliki nilai yang bagus. Karena biasanya
pekerja dengan etos kerja yang tinggi selalu meningkatkan kualitas diri dan
pekerjaannya. Etos kerja cenderung membuat orang melakukan semuanya secara
optimal dan sempurna di setiap sisi kerja yang dilakukan, dan semakin berani
untuk menjadi lebih baik. Tidak heran jika pekerja dengan etos kerja yang bagus
sering mendapatkan promosi jabatan pada bidang pekerjaannya.
Apa itu etos kerja? Menurut KBBI, etos kerja adalah ciri atau
karakter semangat bekerja dari seseorang untuk mengembangkan suatu organisasi.
Bisa juga diartikan jika etos kerja adalah sesuatu yang harus dimiliki setiap
orang yang bukan hanya untuk mengembangkan organisasi, melainkan untuk
mengembangkan diri sendiri. Menurut beberapa ahli etos kerja adalah:
Sinamo, Darodjat (2015:77)
Etos kerja yaitu
seperangkat perilaku positif dan fondasi yang mencakup motivasi yang
menggerakkan mereka, karakeristik utama, spirit dasar, pikiran dasar, kode
etik, kode moral, kode perilaku, sikap, aspirasi, keyakinan, prinsip dan
standar.
Webber dalam Suseno (2002:64)
Etos kerja merupakan keyakinan yang berfungsi sebagai panduan tingkah laku
bagi seseorang, sekelompok atau sebuah Lembaga.
Berikut 10 ETOS KERJA DASAR yang wajib dimiliki setiap orang, yaitu:
1. Akuntabilitas, yakni dapat bekerja dengan baik tanpa perlu diawasi.
2. Disiplin adalah kemampuan fokus bertanggung jawab terhadap tugas tanpa
terpengaruh situasi. Contohnya adalah tepat waktu.
3. Kejujuran tidak hanya diwujudkan dalam mengerjakan tugas,
tetapi juga saat menyampaikan pendapat, mengakui kesalahan, dan berbagi tugas.
4. Rendah hati dapat diwujudkan dengan mendengarkan pendapat orang lain dan
membuat keputusan yang melegakan semua pihak.
5. Integritas berarti melakukan hal yang benar, meskipun tidak
diawasi. Integritas dapat menumbuhkan kepercayaan orang lain.
6. Rapi adalah sifat yang akan membantu kamu mengerjakan tugas tepat waktu
dan menghindari kesalahan.
7. Kualitas kerja ditunjukkan dengan hasil pekerjaan yang konsisten dalam
berbagai situasi.
8. Tanggung jawab adalah sifat umum yang harus dimiliki setiap orang, terlebih
saat bekerja. Orang yang bertanggung jawab dapat mengerjakan tugas dengan
tuntas, tepat waktu, dan mampu berkomunikasi dengan baik.
9. Kerja sama dapat terbangun dengan komunikasi dan pemahaman yang baik
dengan orang lain.
10. Manajemen waktu yang baik akan membantu kamu menyelesaikan semua
tugas dengan tepat waktu dan maksimal.
Ada beberapa hal alasan
penting kenapa penting memiliki etos kerja yang tinggi, yaitu:
1)
Nilai
jual tinggi membuatmu banyak dicari
Coba
bayangkan jika kamu memiliki sikap 10 etos kerja dasar yang wajib dimiliki di
atas. Bukankah karakter ini banyak dicari dan diinginkan oleh organisasi
pemerintah maupun swasta. Nah, untuk itulah penting sekali memiliki etos kerja
agar nilai jualmu juga meroket. Reputasi dalam profesi yang kamu geluti pun
makin bertaraf bintang lima. Dengan begitu, kamu bakal makin dicari, dibutuhkan
dan diandalkan dalam berbagai tanggung jawab penting dalam sebuah organisasi.
2)
Membuka
banyak peluang baru
Kualitas
seseorang dengan etos kerja tinggi membuka pintu peluang baru makin lebar.
Kinerja yang kamu lakukan dengan baik bikin banyak orang akhirnya tak ragu
merekomendasikanmu pada kesempatan lebih besar. Perpaduan kompetensi dengan
etos kerja tinggi merupakan kombinasi yang pas, bukan? Untuk itu, teruslah
pupuk etos kerjamu dengan berbagai kiat yang positif. Alhasil, peluang-peluang
akan makin banyak berdatangan.
3)
Karier
makin berkembang
Apakah
kalian sadar dalam dunia bekerja persaingan semakin ketat dan terbuka? Setiap
pekerja tentunya memiliki kompetensi yang tidak bisa dianggap remeh, apalagi di
era digitalisasi dan semakin modern ini. Untuk itu, etos kerja bisa jadi
kekuatan yang bisa menonjolkan dirimu dibandingkan karyawan lainnya. Etos kerja
bisa membawamu pada kesuksesan karier, seperti naik gaji, promosi jabatan,
serta beragam poin positif lainnya. Terus pertahankan semangat kerjamu pada
level maksimal agar kariermu semakin berkembang.
4)
Semangat
kerja tinggi membuatmu produktif
Mentalitas
ini mendorongmu untuk makin efisien dalam menyelesaikan pekerjaan, tidak
menunda-nunda dan tidak bermalas-malasan. Pasalnya, pengerjaan tugas yang baik,
serta hasil yang maksimal akan memberikan kepuasan tersendiri dalam dirimu.
Individu yang beretos kerja tinggi juga selalu berusaha untuk terlibat aktif
dalam tanggung jawab yang mereka emban. Upaya ekstra yang dilakukan selaras
dengan meningkatnya produktivitas kerja. Target IKU dan capaian yang ditetapkan
oleh orghanisasi pun dapat tercapai dengan lebih maksimal sebelum batas waktu
yang ditetapkan.
5)
Turut
menciptakan lingkungan kerja yang mendukung
Salah
satu aspek yang mendukung terciptanya lingkungan kerja yang aman serta kondusif
adalah dari sisi sumber daya manusianya. Jika para pekerja di dalamnya memiliki
karakter yang positif dan suportif, suasana kerja yang nyaman dan harmony di
organisasi pun jadi turut terbawa. Dengan memiliki etos kerja yang tinggi, kamu
telah turut berkontribusi menciptakan lingkungan kerja yang mendukung, lho!
Coba bayangkan jika semua pekerja melakukan hal yang sama? Pasti akan membuatmu
makin betah dan semangat untuk bekerja, bukan?. Banyaknya peluang baru tentunya
bakal membuatmu makin berkembang dalam karier sekaligus menjadi profesional
yang andal.
Media Sosial